Berita Terbaru
Home » PARIWISATA » Yayasan Hakka Helat HUT RI dan Tradisi Qiu Ji
Yayasan Hakka Helat HUT RI dan Tradisi Qiu Ji

Yayasan Hakka Helat HUT RI dan Tradisi Qiu Ji

Yayasan Hakka Meta Sarana Lampung menggelar acara Qiu Ji yang merupakan agenda tahunan. Kegiatan yang diikuti ribuan warga Tionghoa itu merupakan salah satu budaya Tiongkok untuk mendoakan para leluhur.

Ketua panitia, Indra Halim, mengatakan acara itu dilakukan secara rutin untuk mendoakan para leluhur dan sekaligus memberi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. “Marilah kita juga mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah memerdekakan Indonesia,” kata Indra di Gedung Yayasan Hakka Meta Sarana, Telukbetung, Bandar Lampung, Rabu (17/8/2016). Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua Hakka Pusat Edi Permana.
Ia menambahkan Yayasan Hakka juga akan mendirikan cabang perkumpulan Hakka yang ke-53 di Muara Enim pada 22 Agustus mendatang.

Ketua Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung, Aloysius Bunawan, berharap acara Qiu Ji diharapkan dapat semakin baik di tahun berikutnya. Selain itu, pihaknya juga berkomitmen membantu pemerintah melakukan sosialisasi tax amnesty. “Hal ini penting sehingga kami bisa mendapatkan kenyamanan saat berbisnis dan mendapatkan ketentuan pajak yang lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, Hakka Muda-Mudi Lampung bidang pendidikan mengajak para pemuda untuk bersama mempelajari bahasa Mandarin dan budaya.
Anggota DPRD Lampung, Hartarto Lojaya, menambahkan Qiu Ji dirayakan setiap tahun sebagai budaya Tionghoa untuk peduli terhadap sesama.
Biasanya agenda Qiu Ji yakni membagikan beras pada orang yang kurang mampu dan tidak hanya untuk etnis Tionghoa. “Hari ini membagikan lokasi di enam klenteng. Kami ingin hidup harmonis dan bermanfaat untuk masyarakat,” kata dia.
Acara yang dihadiri ratusan warga Hakka itu dimeriahkan oleh para artis asal Jakarta dan ada anke doorprize.

sumber : lampost.co