Berita Terbaru
Home » EKONOMI » Ubah Bedah Rumah Jadi Bedah Kampung
Ubah Bedah Rumah Jadi Bedah Kampung

Ubah Bedah Rumah Jadi Bedah Kampung

MASIH banyaknya Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kota Bandar Lampung membuat miris banyak pihak. Program bedah rumah yang dicanangkan untuk mengatasinya dinilai kurang efektif dan tidak tepat sasaran. Diperlukan cara yang masif untuk mengurangi jumlah RTLH.

Calon walikota Bandar Lampung, Hartarto Lojaya, punya cara jitu untuk mengurangi RTLH di kota Tapis Berseri. Menurutnya, program bedah rumah harus diubah menjadi bedah kampung agar lebih mengena ke seluruh lapisan masyarakat bawah.

”Program bedah kampung ini sifatnya kolektif, sehingga lebih efisien dibandingkan bedah rumah. Secara bertahap, kita akan bedah RTLH di setiap kelurahan yang ada di Bandar Lampung untuk mengurangi angka kemiskinan. Jadi, RTLH di satu kelurahan yang kita bedah, bukan cuma beberapa rumah saja,” ungkapnya saat silaturahmi dengan tokoh masyarakat Kedaton, kemarin (18/5).

Selain memperbaiki RTLH, lanjut Hartarto, program bedah kampung berupa penyediaan ruang publik seperti taman kota di setiap kelurahan. Fasilitas tersebut dilengkapi free wifi (internet gratis) yang bisa dinikmati seluruh masyarakat. ”Dengan begitu masyarakat bisa nyaman tinggal di daerahnya,” imbuhnya.

Untuk menjalankan program tersebut, terang dia, pemerintah kota bisa menjalin kemitraan dengan pihak swasta dan organisasi sosial seperti Rotary Club. Dimana, pemerintah menggandeng mereka untuk membayar kompensasi sosial dari aktivitas ekonomi yang dijalankan berupa pembangunan ruang publik. (*)