Berita Terbaru
Home » EKONOMI » Tingkatkan Ekonomi, Hidupkan Pariwisata
Tingkatkan Ekonomi, Hidupkan Pariwisata

Tingkatkan Ekonomi, Hidupkan Pariwisata

BANYAK cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perekonomian di suatu daerah. Salah satunya, dengan menghidupkan sektor pariwisata. Hal itu diungkapkan calon walikota Bandar Lampung, Hartarto Lojaya. Menurutnya, sektor pariwisata memiliki multiplier effect yang luar biasa, terutama untuk meningkatkan perekonomian daerah.

”Ya, sangat banyak keuntungan yang kita dapatkan jika sektor pariwisata bisa hidup. Dari sisi ekonomi, selain menjadi salah satu sumber pemasukan bagi PAD (pendapatan asli daerah), hidupnya pariwisata juga bisa mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan,” ungkapnya.

PAD, terang Hartarto, bisa dihasilkan dari devisa para wisatawan yang datang. Dalam hal ini, pemerintah kota mendapatkan penghasilan dari jasa penyelenggaraan dan penyediaan fasilitas wisata, biaya menginap, dan oleh-oleh yang dibawa pulang wisatawan. ”Sektor perhotelan dan ekonomi kreatif sudah pasti hidup,” tandasnya.

Akan banyak lapangan kerja yang terbuka dan berguna bagi pengentasan kemiskinan. Home industri dan pedagang kecil pasti men-support, dimana ibu-ibu akan memproduksi makanan dan souvenir untuk para pelancong, sehingga mereka memiliki pekerjaan dan penghasilan. ”Jadi, impact-nya banyak. Makanya sektor pariwisata ini harus kita hidupkan agar Bandar Lampung bisa maju dan bersaing dengan kota lainnya di Indonesia,” paparnya.

Efek lainnya yang akan timbul adalah mengubah karakter masyarakat untuk memiliki jiwa entrepreuner, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi pengangguran. ”Akan ada revolusi keramahan dan ketertiban yang menjadi modal sosial bagi pembangunan kota Bandar Lampung.”

Kata Hartarto, sudah saatnya pariwisata kota Tapis Berseri dihidupkan. Apalagi, faktor penunjang untuk melakukan hal itu sangat mendukung. Diantaranya, Bandar Lampung memiliki garis pantai terpanjang kedua di Sumatera dan dikelilingi pulau-pulau kecil.

”Dengan konsep kota wisata tepi pantai yang melibatkan pihak swasta untuk menggandeng nelayan yang selama ini dipinggirkan, serta meminta dukungan pemerintah mengembangkannya, saya optimis pariwisata Bandar Lampung bisa hidup,” tutur anggota DPRD Lampung itu.

Keunggulan tersebut, ungkap Hartarto, harus didukung promosi dan pelaksanaan even skala nasional minimal dua kali dalam sebulan. Dengan begitu, para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Bandar Lampung. ”Sangat banyak sebenarnya yang bisa digarap untuk memajukan kota Bandar Lampung yang kita cintai ini. Terpenting adalah dukungan masyarakat dalam rangka menciptakan kualitas hidup yang lebih baik,” ujarnya. (*)