Berita Terbaru
Home » OPINI » Simbol Dalam Perayaan Paskah
Simbol Dalam Perayaan Paskah

Simbol Dalam Perayaan Paskah

Sejumlah versi melatarbelakangi tradisi merayakan Paskah dengan telur dan kelinci. Ada yang mengatakan tradisi telur paskah berawal dari sebuah promosi perusahaan penghasil permen di Eropa. Mereka memperkenalkan permen berbentuk telur itu menggunakan momen Paskah. Telur paskah juga diyakini berasal dari tradisi Amerika, di mana perayaan Paskah kerap dibarengi dengan migrasi burung undan yang meninggalkan banyak telur di kebun.

Namun, telur paskah juga diyakini mempunyai latar belakang yang erat dan merupakan simbol penting dalam budaya purba, terutama mitologi dari India dan Mesir. Ada juga yang menyatakan telur itu berhubungan dengan ritus kesuburan musim semi oleh orang Indo-Eropa pada masa pra-kristen, terutama mereka berdiam di pulau Kreta serta orang-orang Persia. Dulu, di Persia, orang biasa saling menghadiahkan telur pada saat perayaan musim semi, yang bagi mereka juga menandai dimulainya tahun yang baru.

Adapun hiasan warna-warni telur pada upacara ritus kesuburan itu awalnya dilakukan bangsa Mesir dan Persia. Sedangkan bangsa Kasdim, Suriah dan Yunani memberi warna merah sebagai simbol Darah Kristus. Mereka menggunakan telur yang sudah direbus dan diwarnai pada hari Kamis Putih, dan dibagikan kepada umat pada hari Minggu Paskah.

Di kebanyakan negara, telur-telur diberi warna polos dengan pewarna dari tumbuh-tumbuhan. Di daerah-daerah di Jerman dan Austria, telur berwarna hijau dipergunakan pada Hari Kamis Putih, tetapi telur berwarna-warni dipergunakan selama perayaan Paskah. Orang-orang Slavia bahkan membuat pola-pola istimewa menggunakan dengan emas dan perak.

Di masa ini, telur paskah banyak yang terbuat dari plastik ataupun permen coklat. Biasanya telur paskah ini dihias dengan warna cerah, untuk melambangkan cahaya matahari sepanjang musim semi.

Simbol Paskah memang berasal dari berbagai tradisi dan budaya di seluruh dunia. Tapi satu hal yang jauh lebih penting adalah bagaimana cara pribadi memaknai Paskah, terutama menerapkan arti penebusan dosa yang dilakukan Yesus terhadap umat manusia. Selamat Paskah….

Sumber : http://www.inilah.com