Berita Terbaru
Home » OPINI » Saatnya Sistem Teknologi Informasi Diterapkan
Saatnya Sistem Teknologi Informasi Diterapkan

Saatnya Sistem Teknologi Informasi Diterapkan

TEKNOLOGI informasi atau yang lebih dikenal dengan IT semakin berkembang. Hal itu menuntut masyarakat untuk peka jika tidak ingin ketinggalan zaman. Calon walikota Bandar Lampung, Hartarto Lojaya, menyadari pentingnya peran teknologi informasi. Untuk itu, dia akan menerapkan IT dalam program Bandar Lampung Kota Cerdas yang diusungnya.

”Dalam program Bandar Lampung Kota Cerdas, teknologi informasi menjadi kunci. Sebab, selain bisa mengatasi permasalahan di pemerintahan, IT juga menjadi salah satu penunjang kemajuan kota Bandar Lampung, baik pembangunannya maupun kesejahteraan masyarakatnya,” ungkap Hartarto, Sabtu (30/5).

Dengan IT, terang pengusaha sukses itu, pemerintahan akan berjalan baik. Melalui merit system yang diterapkan maka biaya tinggi di pemerintahan bisa dikurangi, sehingga pelayanan publik yang prima bisa diciptakan. Selain itu, melalui penerapan electronic government (E-Gov), electronic budgeting (E- Budget), dan electronic Citizen (E-Citizen), transparansi publik bisa terwujud.

”Melalui sistem yang dibangun, semuanya menjadi terbuka. Masyarakat bisa tahu apa yang sudah dan akan dilakukan pemerintahnya. Dengan begitu, pemerintah pasti bekerja sungguh-sungguh untuk melayani masyarakatnya,” tutur anggota DPRD Lampung itu.

Disamping itu, lanjut dia, sistem yang dibangun juga menjadi salah satu cara untuk mencegah korupsi. Mulai dari kelurahan, kecamatan hingga dinas-dinas, akan sulit melakukan tindak pidana yang saat ini menjadi permasalahan utama di pemerintahan tersebut.

”Selain bekerja menggunakan sistem komputerisasi, akan ada CCTV yang mengontrol dan mengawasi kerja pegawai, sehingga mereka akan sulit melakukan kecurangan-kecurangan,” ujar Hartarto.

Sementara untuk menunjang kemajuan kota, IT memiliki peranan penting sebagai penghubung pemerintah Bandar Lampung dengan kota lain di Indonesia bahkan dunia. Melalui email dan teleconference, pemerintah kota Bandar Lampung akan mudah menjalin komunikasi dan relasi dengan pihak manapun.

”Masyarakat juga akan kita buka wawasannya mengenal dunia melalui penyediaan wifi di berbagai titik di setiap kecamatan. Dengan begitu mereka bisa lebih siap menghadapi berbagai persaingan, seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), akhir 2015 ini. Jadi, intinya pemerintah harus selangkah lebih maju dalam berfikir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Sudah saatnya IT diterapkan di pemerintahan kota Bandar Lampung,” tuturnya. (*)