Berita Terbaru
Home » PERISTIWA » Rotary Club Radin Intan Lampung Bantu MCK pada Masyarakat Pesisir
Rotary Club Radin Intan Lampung Bantu MCK pada Masyarakat Pesisir

Rotary Club Radin Intan Lampung Bantu MCK pada Masyarakat Pesisir

Rotary Club Lampung Radin Intan adalah organisasi sosial yang sangat peduli dengan kesehatan masyarakat. Terbukti, organisasi tersebut memberikan banyak kontribusi kepada masyarakat pesisir Bandar Lampung yang cukup memprihatinkan sanitasinya.
Chief President Rotary Club Lampung Mustakim mengatakan Rotary Club menyalurkan bantuan berupa mandi cuci kakus atau MCK yang tentnya sangat berguna bagi kesehatan masyarakat.
Ia bersama anggota lainnya mengaku prihatin dengan kondisi pesisir kota tapis berseri yang sangat jorok. Sebab setelah mereka survei, banyak sekali sampah yang menepi. Di atasnya banyak sekali rumah panggung tanpa standar keamanan dan keselamatan yang baik. “Tahun 2015 sudah selesai kita bangun sebanyak 121 MCK, tahun 2016 sudah selesai 136 mck. Maka mulai dari sekarang sampai tahun 2017 akan dibangun 250 mck lagi,” kata dia kepada Lampung Post saat meninjau lokasi, Sabtu siang (13/6/2016).
Ia didampingi anggota Komisi III DPRD Lampung Hartarto Lojaya dan Pemimpin Redaksi Lampung Post Iskandar Zulkarnain. Dalam tinjauannnya ia juga memeriksa MCK yang telah dibangun, dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat sekitar agar menjaga kebersihan MCK yang telah diberikan.
“Satu rumah bisa tiga KK, atau belasan anggota, sedangkan mereka tidak punya MCK yang layak, kalaupun punya, tidak higienis,” ungkapnya.
Mustakim berharap dengan adanya bantuan tersebut, masyarakat bisa menjalankan pola hidup yang sehat, mereka tak lagi repot ke pantai untuk buang air dan tak lagi mencemari lingkungan.
“Kami berharap kepada masyarakat, untuk merawat bantuan ini, karena kesehatan sangatlah penting, jika kotor tentu akan memengaruhi tumbuh kembang anak,” ujarnya.
Ketua RT 10 Lk I Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras Bandar Lampung Sidik mengatakan, sebelum ada bantuan MCK dari Rotary, masyarakat membuang air besar dan kecil secara sembarangan, kerap kali di tepi sungai, padahal permukaan tepi pantai sudah ditutupi oleh sampah plastik namun belum ada tindakan dari pemerintah kota untuk membersihkan lokasi tersebut.
“Aromanya enggak sedap, kotor, warna airnya juga sudah berwarna cokelat,” ujarnya.
Ia merasakan manfaat yang besar sekali, sebab selama ini, MCK yang digunakan masih jauh dari kata higienis. “Saya setiap hari menyikat dan merawat MCK , namanya dikasih ya harus dirawat,” tuturnya.
Penerimaan bantuan MCK diperuntukan kepada 12 kelurahan yang ada di Bandar Lampung diantaranya kelurahan Bumi Waras, Bumi Raya, Garuntang, Talang, Pesawahan, Kota Karang Raya, Perwata, Lempasing, Durian Payung, Jagabaya 2, Gunung Sulah, Way Kandis.
Pani’in, warga Kelurahan Bumi Waras RT 1 RW 2 Lk I, menuturkan sebelumnya, masyarakat sekitar kerap membuang air besar di aliran sungai terdekat.
“Kadang di sungai, kadang di kebun pisang, tapi sekarang udah nggak lagi, kita bersyukur ada bantuan kamar mandi. Akan kami rawat,” ujarnya.

sumber : lampost.co