Berita Terbaru
Home » EKONOMI » Potensi Ekonomi Bandar Lampung Luar Biasa
Potensi Ekonomi Bandar Lampung Luar Biasa

Potensi Ekonomi Bandar Lampung Luar Biasa

POTENSI ekonomi Kota Bandar Lampung sangat besar. Potensi dibidang perdagangan, jasa, pariwisata, dan ekonomi kreatif yang dikelola dengan baik dapat menyejahterakan masyarakat setempat. Demikian dikemukakan calon Wali Kota Bandar Lampung, Hartarto Lojaya, bahwa letak strategis Bandar Lampung menjadi keuntungan besar untuk pengembangan ekonomi setempat. Tetapi diakuinya potensi itu belum dikembangkan secara maksimal saat ini.
Menurut dia, kota modern yang berkategori Kota Cerdas akan terwujud jika melibatkan pihak swasta dalam sektor perdagangan, jasa, pariwisata dan ekonomi kreatif. Tugas pemerintah daerah menyediakan fasilitas umum seperti perbaikan dan pengembangan atau revitalisasi pasar tradisional. Karenanya, pemerintah perlu melakukan pembinaan serta mempromosikan pasar tersebut.
”Lebih penting lagi memberi kemudahan investor untuk menanamkan modalnya. Untuk itu restruktrurisasi pajak untuk mengurangi biaya ekonomi tinggi yang menghambat pertumbuhan ekonomi perlu dilakukan,” kata dia melalui rilisnya, Senin (11/5).
Dia menguraikan, pertumbuhan investasi bukan hanya semata-mata terlihat dari pertumbuhan usaha perhotelan. Tetapi harus lebih pada investasi usaha yang melibatkan pemerintah dan masyarakat luas. Pembangunan yang didukung investasi pengusaha harus bermanfaat untuk masyarakat Bandar Lampung, bukan pribadi pejabat.
Dia mengatakan sudah saatnya pembangunan Kota Bandar Lampung difokuskan pada potensi bahari. Perikanan di Bandar Lampung perlu ditata lebih baik agar terus tumbuh dan terpelihara, sehingga dapat dinikmati masyarakat. Dalam sektor ini, kedepan pihaknya akan menyediakan pasar khusus ikan yang bersih dan menguntungkan yang terpadu dengan kota Bandar Lampung.
”Tentunya dalam hal ini pemerintah kota akan bekerja sama dengan pemerintah pusat serta pihak swasta. Sudah saatnya pemerintah kota Bandar Lampung memberikan kesejahteraan juga bagi nelayan,” imbuhnya.
Dia melanjutkan, pemerintah kota juga perlu membangun potensi wisata kuliner laut dengan kemitraan nelayan dan pengusaha. Kawasan tepi pantai adalah kawasan yang potensial sebagai daerah khusus wisata. Posisi geografis kota Bandar Lampung yang berada di pesisir pantai dan dikelilingi pulau-pulau kecil adalah potensi wisata yang luar biasa jika dikembangkan secara kreatif.
Salah satu pengusaha Lampung ini menekankan kemajuan wisata memiliki multiplier effect yang luar biasa. Pertama, tumbuhnya ekonomi kreatif. Lapangan kerja yang terbuka akan berguna bagi pengentasan kemiskinan. Tetapi, industri rumah tangga dan pedagang kecil yang ditopang Bank Pasar harus mendukung hal ini.