Berita Terbaru
Home » PERISTIWA » Pesta Bona Taon Punguan Sitanggang
Pesta Bona Taon Punguan Sitanggang

Pesta Bona Taon Punguan Sitanggang

Hartarto Lojaya Sitanggang menghadiri  Pesta Bona Taon (arti hurufiahnya: Pangkal Tahun) Punguan Raja Sitanggang, Boru Dohot Bere dan Ibabere Sektor Tanjung Karang dan sekitarnya. Hartarto Lojaya selaku anggota DPRD Provinsi Lampung ini menjadi Dewan Penasihat dalam Punguan Raja Sitanggang sejak tahun 2010. Acara pesta Bona taon ini  dihadiri oleh pengurus punguan Raja Sitanggang Bandar Lampung.

“Punguan ini adalah paguyuban atau perkumpulan keluarga besar Sitanggang.” Maka dari itu mari kita terus galang kesatuan dan kesehatian, serta mempererat tali kasih kekeluargaan di dalam punguan ini, begitu juga dengan masyarakat lainnya yang ada di Bandar Lampung ini, tutur Hartarto Lojaya Sitanggang dalam sambutannya (Minggu, 22/2).

“Bona Taon” merupakan tradisi masyarakat Batak dalam menyambut tahun baru. Tradisi ini dipercaya telah dilakukan sejak lama oleh nenek moyang warga Batak. Tujuannya untuk mengevaluasi kembali perjalanan hidup di tahun sebelumnya dan mempersiapkan diri menjalani tahun yang baru dan juga pengucapan syukur bersama serta kegiatan ramah-tamah.  Acara ini juga dirangkai juga dengan penuntasan tugas pengurus yang akan segera berakhir . Pesta juga dimeriahkan dengan pembagian undian berhadiah dan tak lupa dilakukan manortor yang menjadi tradisi dalam setiap acara suku batak, Hartarto turut dalam kegiatan tersebut. Dana yang terkumpul dari manortor tersebut akan digunakan kembali oleh pengurus punguan untuk setiap kegiatan sosial di punguan tersebut, seperti mengunjungi keluarga yang berdukacita ataupun sedang bersukacita atas kelahiran anak.

Kegiatan bona taon marga yang lainnya juga masih akan terus berjalan di beberapa minggu kedepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*