Berita Terbaru
Home » PERISTIWA » Peringati Waisak, Hartarto Ajak Umat Jaga Kerukunan
Peringati Waisak, Hartarto Ajak Umat Jaga Kerukunan

Peringati Waisak, Hartarto Ajak Umat Jaga Kerukunan

CALON walikota Bandar Lampung Hartarto Lojaya menghadiri peringatan Waisak 2559 BE di Vihara Dharma Citra, Sabtu (13/6). Pada kesempatan tersebut, Hartarto mengajak umat buddha di Bandar Lampung untuk menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Di momen waisak ini mari kita saling menghormati antara satu dengan yang lainnya agar kerukunan umat beragama bisa terjaga. Dengan begitu, Bandar Lampung akan damai, sejahtera, dan bahagia,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Tri suci waisak yang diperingati setiap tahun, terang Hartarto, mengingatkan umat buddha akan tiga peristiwa penting. Pertama, kelahiran Pangeran Sidharta Gautama di Taman Lumbini Nepal pada tahun 623 SM. Kedua, dari pertapaannya Pangeran Sidharta Gautama mencapai Penerangan Sempurna tahun 588 SM. Ketiga, Sang Buddha Gautama wafat atau Parinibana di Kusinara India pada tahun 543 SM.

Tiga peristiwa tersebut, kata anggota DPRD Lampung itu, mengingatkan betapa luar biasanya Sang Buddha. “Sudah sepantasnya umat buddha mengikuti teladan dan jejak sang guru agung dan mengamalkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Baik di dalam keluarga, lingkungan maupun masyarakat,” tuturnya.

Dalam peringatan Waisak bertema Dharma Pelindung Dunia itu, anggota Sangha, Bante Murisa, mengajak umat buddha dapat merenungi kembali akan perbuatan yang telah dilakukan selama hidup di dunia.

“Kita harus sadar apakah kita ┬ámelakukan perbuatan baik atau belum? Jika sudah mari kita tingkatkan, tapi jika belum mulailah untuk berbuat baik,” ungkapnya.

Dia berharap pada momen waisak kali ini umat buddha dapat mengikuti apa yang telah dilakukan sang buddha, terutama tiga hal penting yang diajarkan. “Semoga kita diberi kejayaan dan pelindung sang buddha,” tuturnya. (*)