Berita Terbaru
Home » PERISTIWA » Pengusaha Dukung Penuh Kota Cerdas
Pengusaha Dukung Penuh Kota Cerdas

Pengusaha Dukung Penuh Kota Cerdas

BANDAR LAMPUNG – Dukungan untuk program Bandar Lampung Kota Cerdas terus mengalir. Setelah sebelumnya para ulama, ibu-ibu pengajian, paguyuban, masyarakat dari berbagai kecamatan, buruh, dan nelayan, kali ini dukungan datang dari pengusaha.

Saat silaturahmi dengan calon walikota Hartarto Lojaya di Food Festival, pekan lalu, para pengusaha se-Bandar Lampung menyatakan setuju dan mendukung penuh program tersebut. Bahkan, mereka ingin program berkelanjutan itu bisa segera diterapkan.

Rudy Tham, salah satu pengusaha, mengatakan, program Kota Cerdas sangat tepat diterapkan di Bandar Lampung yang memerlukan perubahan. ”Menurut saya program Kota Cerdas ini sangat realistis untuk diwujudkan. Bagi kami pengusaha, program ini menjadi pilihan yang tepat ditengah himpitan kebijakan pemerintah yang tidak berpihak,” tuturnya.

Kebijakan yang dimaksud antara lain kenaikan pajak yang terlampau tinggi. Rudy mengatakan, kenaikan pajak yang saat ini mencapai 300 persen sangat menyulitkan pengusaha, baik yang sudah menanamkan modalnya di Bandar Lampung maupun yang mau berinvestasi.

”Kami ingin nilai pajak yang terlampau tinggi ini bisa di restrukturisasi. Pak Hartarto menurut kami sosok yang tepat untuk melakukannya,” tuturnya.

Di hadapan para pengusaha, Hartarto mengungkapkan, program Kota Cerdas memang harus diterapkan di Bandar Lampung. Sebab, program tersebut menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga kalangan pengusaha.

”Masalah pajak nilainya memang harus ditata ulang. Banyak sektor lain yang bisa diberdayakan untuk menghasilkan PAD (pendapatan asli daerah), bukan dengan cara meningkatkan pajak yang justru menyulitkan pengusaha dan juga masyarakat,” kata Hartarto.

Selain menata ulang nilai pajak yang terlampau tinggi, Hartarto juga akan mempermudah proses perizinan bagi para investor yang ingin menanamkan investasinya. Yakni, dengan menerapkan proses perizinan online satu kali klik (sederhana, mudah, murah, akuntabel, dan tepat waktu).

”Sudah seharusnya pemerintah kota Bandar Lampung menerapkan proses perizinan online untuk memudahkan para investor berinvestasi. Proses perizinan yang diterapkan melalui aplikasi Cerdas ini adalah keharusan jika Bandar Lampung ingin bersaing dengan kota lainnya dalam menarik minat investor.”

Selain melayani pendaftaran perizinan secara online, terang Hartarto, aplikasi Cerdas juga dilengkapi sistem pelacakan (tracking system) dan pengaduan. Sebab, dengan tracking system maka pemohon bisa dengan mudah mengecek dan menelusuri berkas perizinan yang sedang diajukan. ”Penerapan ini juga sebagai langkah mendukung misi pembangunan Bandar Lampung Kota Cerdas dan berwawasan teknologi dan informasi,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, anggota DPRD Lampung itu juga menyampaikan program-program yang bisa dikerjasamakan antara pemerintah dengan pengusaha dalam program Bandar Lampung Kota Cerdas. Salah satunya,menyediakan jalur pedesterian atau pejalan kaki dan jalur bagi para Pengguna sepeda. (*)