Berita Terbaru
Home » PERISTIWA » Masyarakat Pesisir Inginkan Pemerataan Pembangunan
Masyarakat Pesisir Inginkan Pemerataan Pembangunan

Masyarakat Pesisir Inginkan Pemerataan Pembangunan

PEMBANGUNAN di Bandar Lampung belum merata ke seluruh wilayah. Di kawasan pesisir, seperti kecamatan Panjang dan Teluk, masyarakat belum merasakan adanya pembangunan, baik infrastruktur maupun sumber daya manusianya. Abil, tokoh masyarakat Kota Karang, Teluk Betung, mengungkapkan pemerintah kota Bandar Lampung harus memperhatikan masyarakat pesisir yang mayoritas masih berada di bawah garis kemiskinan.

”Pemerintah harus adil. Pembangunan jangan hanya terpusat di kawasan perkotaan saja, tapi juga di pesisir. Kami di sini mayoritas nelayan juga warga kota Bandar Lampung yang perlu diperhatikan. Kami butuh fasilitas dan bantuan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan,” tegasnya saat silaturahmi dengan calon walikota Bandar Lampung, Hartarto Lojaya, Kamis (28/5).

Menurut Abil, sudah seharusnya pemerintah kota Bandar Lampung melakukan pemerataan pembangunan. Itu karena selain bisa mengurangi angka kemiskinan juga menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan kota. ”Paling tidak bisa mengurangi angka kemacetan yang semakin lama semakin meningkat di wilayah perkotaan,” ujarnya.

Hartarto Lojaya menuturkan, kawasan pesisir memang kerap luput dari perhatian pemerintah kota di Indonesia. Padahal, kawasan tersebut memiliki potensi yang bagus untuk digarap. ”Dari segi ekonomi, kawasan pesisir atau tepi pantai punya nilai jual yang tinggi. Perikanannya jika ditata dengan baik akan menjadi salah satu sumber penghasilan, baik bagi pemerintah maupun masyarakat,” katanya.

Dalam sektor ini, pemerintah harus menyediakan pasar khusus ikan yang bersih dan menguntungkan yang terpadu dengan kota Bandar Lampung. Pemerintah kota juga perlu membangun potensi wisata kuliner laut dengan kemitraan nelayan dan pengusaha. ”Dengan begitu, nelayan bisa sejahtera.”

Selain dari segi ekonomi, kawasan pesisir juga mempunyai potensi yang bagus bagi sektor pariwisata. Apalagi, posisi geografis kota Bandar Lampung dikelilingi pulau-pulau kecil yang menarik untuk dikunjungi. ”Jadi wisatawan selain ke pantai juga bisa ke pulau-pulau ini. Banyak yang bisa dijual jika pemerintah bisa mengembangkannya dengan kreatif,” paparnya. (*)