Berita Terbaru
Home » EKONOMI » Masalah Perizinan, Terapkan Aplikasi Cerdas
Masalah Perizinan, Terapkan Aplikasi Cerdas

Masalah Perizinan, Terapkan Aplikasi Cerdas

PROSES perizinan yang ribet dan memakan waktu lama masih saja terjadi di beberapa kota di Indonesia, termasuk Bandar Lampung. Hal itu membuat kecewa dan merugikan para investor yang ingin menanamkan investasinya.

Bakal calon walikota Bandar Lampung, Hartarto Lojaya, punya solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Menurutnya, proses perizinan satu kali klik (sederhana, mudah, murah, akuntabel, dan singkat) adalah keharusan jika Bandar Lampung ingin bersaing dengan kota lainnya dalam menarik minat investor.

”Sudah seharusnya pemerintah kota Bandar Lampung menerapkan proses perizinan dalam jaringan atau online untuk memudahkan para investor berinvestasi. Proses perizinan online ini diterapkan melalui aplikasi Cerdas yang sederhana, mudah, akuntabel, dan tepat waktu,” ungkap Hartarto.

Selain melayani pendaftaran perizinan secara online, terang Hartarto, aplikasi Cerdas juga dilengkapi sistem pelacakan (tracking system) dan pengaduan. Sebab, dengan tracking system maka pemohon bisa dengan mudah mengecek dan menelusuri berkas perizinan yang sedang diajukan.

”Penerapan ini juga sebagai langkah mendukung misi pembangunan Bandar Lampung Kota Cerdas dan berwawasan teknologi dan informasi,” terang salah satu pengusaha sukses Lampung itu.

Sementara untuk mendukung pelaksanaan Undang-Undang BPJS yang mensyaratkan pemohon perizinan mengikuti program BPJS, kata Hartarto, sebaiknya disediakan loket BPJS. ”Selain itu juga disediakan loket Kantor Pajak untuk memudahkan pemohon membuat NPWP daerah atau lokal,” imbuhnya. (*)