Berita Terbaru
Home » PERISTIWA » Kota Cerdas Tingkatkan Pelayanan Masyarakat
Kota Cerdas Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Kota Cerdas Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

PROGRAM Bandar Lampung Kota Cerdas yang diusung calon walikota Hartarto Lojaya bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu akan direalisasikan melalui pemanfaatan informasi teknologi (IT).

“Kota cerdas adalah satu pemikiran bagaimana meningkatkan pelayanan di masyarakat lewat pemanfaatan IT. Ini dilakukan untuk menyempurnakan pelayanan yang tidak maksimal dan belum efektif saat ini,” kata Hartarto, Kamis (18/6).

Hartarto mencontohkan dalam hal perizinan. Dirinya punya solusi untuk mengatasi permasalahan perizinan yang prosesnya masih ribet dan memakan waktu lama. Menurutnya, proses perizinan satu kali klik (sederhana, mudah, murah, akuntabel, dan singkat) bakal dia terapkan jika terpilih jadi walikota.

“Sudah seharusnya pemerintah kota Bandar Lampung menerapkan proses perizinan dalam jaringan atau online untuk memudahkan para investor berinvestasi. Proses perizinan online ini diterapkan melalui aplikasi Cerdas yang sederhana, mudah, akuntabel, dan tepat waktu,” ungkap Hartarto.

Selain sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat, kata Hartarto, cara tersebut untuk meningkatkan daya saing Bandar Lampung dalam menarik minat investor dengan kota lainnya di Indonesia. “Tentunya tidak lagi membuat kecewa dan merugikan investor yang ingin menanamkan investasinya,” tandas anggota DPRD Lampung itu.

Selain melayani pendaftaran perizinan secara online, aplikasi Cerdas juga dilengkapi sistem pelacakan (tracking system) dan pengaduan. Sebab, dengan tracking system maka pemohon bisa dengan mudah mengecek dan menelusuri berkas perizinan yang sedang diajukan.

”Penerapan ini juga sebagai langkah mendukung misi pembangunan Bandar Lampung Kota Cerdas dan berwawasan teknologi dan informasi,” tuturnya.

Kota Cerdas adalah keniscayaan. Kebutuhan dibentuknya Kota Cerdas menunjukkan adanya peningkatan dan pembentukan ekonomi. Di saat yang sama, konsep kota berkelanjutan ini menciptakan tantangan dan kesempatan. Untuk itu, butuh dukungan masyarakat untuk mewujudkannya.

“Partisipasi masyarakat membawa peranan penting dalam konsep Kota Cerdas. Semakin besar dukungan masyarakat untuk mencapainya, semakin besar peluang mewujudkannya.”

Dia pun yakin dengan dukungan semua pihak, Bandar Lampung bisa maju dan bersaing dengan kota besar lain di Indonesia, bahkan dunia. ”Yang pasti program Bandar Lampung Kota Cerdas ini berkelanjutan dan bisa terealisasi melalui peran serta warga dalam rangka menciptakan kualitas hidup yang lebih baik,” ujarnya. (*)