Berita Terbaru
Home » EKONOMI » Kota Cerdas Siap Bersaing Hadapi MEA
Kota Cerdas Siap Bersaing Hadapi MEA

Kota Cerdas Siap Bersaing Hadapi MEA

ERA Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan berlangsung sebentar lagi. Tepatnya Desember 2015, seluruh negara di Asia Tenggara bebas masuk menguasai pasar negara tetangga. Hal itu membuat persaingan ekonomi menjadi kian terbuka. Untuk itu, Indonesia khususnya Bandar Lampung, harus siap menghadapinya.

Calon walikota Bandar Lampung, Hartarto Lojaya, mengajak seluruh masyarakat untuk siap menghadapi MEA. Melalui program Kota Cerdas yang diusungnya, dia optimistis masyarakat Bandar Lampung akan bisa bersaing di era pasar bebas Asia Tenggara itu.

“Suka atau tidak suka, kita harus menghadapi era ini (MEA). Dunia usaha kita bakal dikuasai negara lain, dan siapapun tentu tidak ingin hal ini terjadi. Untuk itu, ayo bersama-sama kita hadapi. Caranya, dengan mendukung program Ekonomi Cerdas yang saya ciptakan dalam Bandar Lampung Kota Cerdas,” ungkap Hartarto.

Dalam program Ekonomi Cerdas, terang Hartarto, masyarakat diajak untuk tidak hanya jadi penonton. Tapi justru siap dan berani menghadapi berbagai persaingan. Seperti ekonomi kreatif yang akan dikembangkan, sektor tersebut menjadikan masyarakat bekerja dan menciptakan pengusaha-pengusaha baru.

“Multiplier effect-nya luar biasa, terutama dalam mengubah karakter masyarakat memiliki jiwa entrepreneur. Dengan begitu, masalah pengangguran dan kemiskinan akan teratasi, sehingga ekonomi Bandar Lampung terangkat dan bisa bersaing,” paparnya.

Pengembangan ekonomi kreatif tersebut, lanjut anggota DPRD Lampung itu, dilakukan dengan profesional. Yakni, dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada para pelaku usaha, menyediakan pasar untuk menjual hasil produksinya, dan memberikan modal usaha.

“Kita gandeng koperasi dan perbankan. Mereka (perbankan dan koperasi) akan bersinergi dalam menyalurkan pinjaman modal kepada para pengusaha, sehingga bunga yang dibebankan sangat minim dan tidak memberatkan,” bebernya.

Alhasil, para pelaku usaha ekonomi kreatif akan terakomodasi dengan baik. “Saya yakin akan banyak muncul pengusaha-pengusaha baru yang membuat ekonomi Bandar Lampung maju dan bisa bersaing menghadapi MEA,” ujar Hartarto. (*)