Berita Terbaru
Home » OPINI » Kota Cerdas, Masyarakat Cerdas
Kota Cerdas, Masyarakat Cerdas

Kota Cerdas, Masyarakat Cerdas

Dunia pendidikan di Kota Bandar Lampung harus terus kita kembangkan bersama. Kota kita tercinta ini harus menghasilkan para pelajar yang cerdas, memiliki pengajar yang berkualitas, dan fasilitas yang berkelas. Semua itu bisa diwujudkan melalui Bandar Lampung Kota Cerdas.

——————————-

Oleh : Hartarto Lojaya

——————————-

SELAMAT Hari Pendidikan Nasional. Momen penting yang diadopsi dari hari kelahiran tokoh pejuang pendidikan Ki Hajar Dewantara ini selalu diperingati oleh seluruh pelajar dan pengajar di Indonesia, khususnya di kota Bandar Lampung. Namun, Hardiknas dari tahun ke tahun seakan berlalu begitu saja seperti sebuah perayaan.

Program sekolah gratis yang merupakan program wajib dari pemerintah pusat tidak cukup untuk dapat mewujudkan Bandar Lampung menjadi kota cerdas. Pemerintah harus bekerjasama dengan semua elemen masyarakat untuk mewujudkan Bandar Lampung menjadi kota cerdas.

Namun, yang terjadi dewasa ini indek ketidakpuasan terhadap layanan pendidikan masih sangat tinggi. Oleh karena itu, permasalahan tersebut harus segera kita atasi dengan meningkatan mutu guru melalui workshop, diklat, seminar, dan lainnya. Sehingga kompetensi guru dalam hal profesional mengajar, evaluasi, pedagogis, kepribadian dan sosialnya menjadi lebih baik. Pemerintah kota juga perlu memberi anggaran khusus beasiswa tenaga pendidik untuk belajar ke jenjang magister di universitas-universitas terbaik di Indonesia, bahkan dunia. Tenaga pendidik memang mempunyai peran sangat vital bagi kemajuan kota kita tercinta ini.

Saya yakin semua pasti menginginkan ada pelajar kita yang memenangi olimpiade internasional. Memiliki guru-guru berkompeten dibidangnya, dan mempunyai lembaga pendidikan berkualitas yang menjadi tujuan para pelajar di seluruh Indonesia untuk menempuh pendidikannya.

Semua itu bisa diwujudkan melalui program Bandar Lampung Kota Cerdas. Pendidikan gratis memang baik, namun itu bukanlah yang terpenting. Peningkatan kualitas mutu pelajar, pengajar, dan fasilitas pendukung harus dinomor-satukan. Memberi beasiswa untuk mereka melanjutkan pendidikan dan juga pelatihan-pelatihan kepada guru demi meningkatkan kapasitas dan kompetensinya menjadi salah satu solusinya.

Untuk itu, mari bersama-sama kita mewujudkan masyarakat Bandar Lampung yang cerdas.