Berita Terbaru
Home » EKONOMI » Kembangkan Kota, Jalin Kerjasama dengan Kabupaten Tetangga
Kembangkan Kota, Jalin Kerjasama dengan Kabupaten Tetangga
sumber : google.com

Kembangkan Kota, Jalin Kerjasama dengan Kabupaten Tetangga

BANDAR Lampung memiliki luas wilayah daratan 169,21 km² yang terbagi ke dalam 20 Kecamatan dan 126 Kelurahan dengan populasi penduduk 1.446.160 jiwa. Kepadatan penduduk sekitar 8.546 jiwa/km² dan diproyeksikan pertumbuhan penduduk mencapai 2,4 juta jiwa pada 2030.

Berbagai permasalahan terjadi di kota ini, mulai dari tingginya tingkat pengangguran dan kemiskinan hingga perkembangan kota yang tidak merata. Calon walikota Bandar Lampung Hartarto Lojaya punya solusi untuk mengatasinya. Menurutnya, Bandar Lampung harus dimekarkan dengan mengubah tata kota yang tidak hanya padat terpusat di suatu lokasi tertentu saja.

”Kita ajak kabupaten tetangga, yakni Pesawaran dan Lampung Selatan, untuk mengembangkan kota ini dengan kerjasama yang saling menguntungkan. Terutama di bidang ekonomi, dalam hal penyebaran investasi yang akan ditanamkan para pengusaha,” ungkap Hartarto.

Dia mencontohkan, jika ada investor yang akan membangun pabrik di Bandar Lampung maka akan ditawarkan ke Pesawaran atau Lampung Selatan. Dengan begitu, dua kabupaten tersebut akan mendapatkan keuntungan dari sisi investasi. Di sisi lain, pengembangan kota Bandar Lampung terwujud dan tidak hanya terpusat di satu lokasi tertentu saja.

Konsep ini, lanjut anggota DPRD Lampung itu, sudah diterapkan DKI Jakarta dengan mengembangkan kotanya ke Tangerang dan daerah sekitarnya. ”Jangan ada sekat antara Bandar Lampung dengan Pesawaran dan Lampung Selatan, sehingga orang tinggal di sana (Pesawaran dan Lampung Selatan) sama seperti tinggal di ibu kota (Bandar Lampung),” tuturnya.

Konsep tersebut, kata Hartarto, menjadi bagian dari Mobilitas Cerdas yang dikembangkan dalam program Bandar Lampung Kota Cerdas. Hal itu akan didukung dengan penyediaan transportasi publik dan infrastuktur jalan yang nyaman dan aman dari Bandar Lampung ke kabupaten-kabupaten tetangga.

”Sebagai ibu kota, sudah seharusnya Bandar Lampung maju dan sejahtera. Namun segudang potensi yang dimiliki tidak akan berkembang jika tidak dikelola oleh pemerintah daerah yang baik. Saya yakin Kota Cerdas bisa menjadi solusi untuk berbagai permasalahan di Bandar Lampung,” ujarnya. (*)