Berita Terbaru
Home » OPINI » Hartarto Dinilai Unggul di Visi-Misi
Hartarto Dinilai Unggul di Visi-Misi

Hartarto Dinilai Unggul di Visi-Misi

BANDARLAMPUNG – Visi-misi balonkada pada Pilwakot Bandarlampung sudah mengemuka. Dalam pandangan pengamat politik Universitas Lampung Budi Kurniawan, visi-misi yang cukup memberikan nilai plus di antaranya milik balon wali kota Hartarto Lojaya.

’’Ya, sejauh ini dari beberapa visi-misi, Hartarto terlihat lebih unggul. Seperti dengan jargon Kota Cerdasnya,” kata Budi beberapa waktu lalu.

Budi menambahkan, dari sisi jargon yang diusung, Hartarto punya gambaran ke depan seperti apa kota Bandarlampung jika kelak dipimpinnya. Karenanya, dengan visi itu Hartarto ingin Kota Bandarlampung lebih unggul dari semua sisi. Termasuk, memecahkan masalah secara mandiri. “Visi Kota Cerdas ini yang menjadi kekuatan Hartarto,” katanya.

Karenanya, menurut dia, Hartarto dengan jargon itu punya potensi untuk menjadi calon kuat dalam Pilwako Bandarlampung. Menurut dia, visi misi juga menjadi nilai plus bagi calon. Setidaknya, calon pemilih akan tahu apa yang akan disampaikan oleh calon kepala daerah tersebut. “Visi misi tyersebut penting, karena akan menjadi nilai tambah bagi calon,” tegasnya.

Terpisah, Hartarto menyatakan akan konsisten dengan program Bandarlampung Kota Cerdas yang diusungnya. Bahkan, program tersebut menjadi bahasan utama para pemimpin negara-negara dunia dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, beberapa waktu lalu.

Acara bertajuk Asia Africa Smart City Summit (AASCS) 2015 itu, para pemimpin negara berkolaborasi mewujudkan Kota Cerdas (Smart City) di negara masing-masing. Mereka belajar satu sama lain untuk memecahkan masalah yang dihadapi terkait lingkungan, pemukiman, energi, dan transportasi.

Selain bertujuan untuk berbagi pengetahuan di antara negara-negara Asia Afrika dalam memahami persoalan kota, AASCS juga bertujuan memecahkan masalah-masalah regional. Lalu, meningkatkan kerjasama dan kolaborasi di antara bangsa-bangsa di kawasan Selatan untuk mengembangkan kemajuan peradaban.

“Kita usung program kelas dunia. Buktinya Kota Cerdas jadi bahasan utama di KAA. Untuk itu, saya siap menjadikan Bandar Lampung layaknya kota-kota maju di dunia. Itu sudah menjadi tuntutan,” ungkapnya, kemarin.

Bandarlampung, lanjut dia, harus segera memulai proses transformasi menuju kota cerdas agar tidak ketinggalan dibandingkan kota-kota lain. Salah satunya dengan membuat sistem yang terintegrasi di semua bidang.

“Salah satunya sistem berbasis IT (informasi teknologi) inilah nantinya yang akan menuntun Bandarlampung menjadi kota cerdas. Juga meningkatkan SDM dan fasilitas kesehatan yang nyaman bagi masyarakat. Mendukung program pemerintah pusat atas pendidikan gratis 12 tahun bagi seluruh masyarakat, membangun transportasi umum yang terintegrasi, murah dan berkualitas. Restrukturisasi pajak untuk mengurangi biaya ekonomi yang tinggi. Perbaikan tata ruang pasar dan membangun sentra pasar khusus dan lainya,” pungkasnya. (wdi/rls/p4/c1/gus)

radarlampung.co.id