Berita Terbaru
Home » OLAHRAGA » Futsal Harus Berprestasi
Futsal Harus Berprestasi

Futsal Harus Berprestasi

Cabang olahraga futsal yang terus berkembang di tengah masyarakat kini menjadi perhatian dalam pembinaannya di berbagai klub, instansi dan sekolah. Oleh karenanya maraknya futsal yang ada sekarang harus disikapi dengan positif dan didorong untuk berprestasi.

Ini diungkapkan Hartarto Lojaya, ketua Asosiasi PSSI provinsi Lampung saat membuka Kursus Pelaih Futsal Level Nasional, di Graha Lazdai, Bilabong Bandarlampung, Kamis (9/4).

Menurut Hartarto, Futsal mulanya hadir sebagai olahraga baru yang kemudian dimainkan oleh masyarakat sebagai olahraga hobies. “Banyak yang bermain futsal untuk tujuan hobi dan mencari keringat saja. Itu tidak salah dan silahkan saja. Tetapi, futsal sekarang sudah menjadi salah satu cabang olahraga prestasi di Indonesia dan dimainkan di PON. Artinya, kita juga harus menyiapkan pemain-pemain berprestasi untuk membela Lampung ini,” katanya.

Menanggapi adanya kursus pelatih yang sudah berlangsung kedua kalinya di Lampung ini, Hartarto mengaku bersyukur. “Saya bersyukur ada orang-orang yang semangat luar biasa memajukan futsal di Lampung ini. Salah satunya dengan kursus pelatih ini. Tujuannya adalah memberikan ilmu kepada para pelatih agar kelak mampu menghasilkan pemain berprestasi dalam timnya,” tambahnya.

Untuk itu Hartarto menegaskan bahwa peserta kursus harus lebih serius dalam menimba ilmu selama berlangsungnya kegiatan, baik teori maupun praktik di lapangan. Sebab dengan pengalaman melatih yang selama ini secara otodidak, kemungkinan akan lebih cemerlang dengan keilmuan yang ada.

Pelatihan akan berlangsung hingga 12 April, baik teori yang berlangsung di Graha Lazdai dan praktek di Ienterganda Futsal Arena (IFA) Susunan Baru – Bandarlampung. Kali ini peserta terdiri dari 28 pelatih yang berasal dari Lampung dan beberapa daerah seperti Banten, Martapura dan Lahat Sumatera Selatan.

Disinggung tentang tim pra PON Lampung, Hartarto menegaskan bahwa Asosiasi PSSI Lampung sudah menetapkan pelatih dan manajer yang saat ini sudah mulai berjalan dan memasuki masa try in pada pemusatan latihannya. “Saya sudah berkali-kali katakana bahwa kami sudah membentuk tim dan sekarang sudah berjalan. Tidak ada tim lain yang akan dibentuk oleh Asosiasi PSSI Lampung, Kita ini sudah menjadi satu badan dan tidak ada keputusan yang mendua. Sedangkan tim sepakbola kami juga sudah tunjuk penanggungjawab dan pelatihnya dan sudah melakukan seleksi,” tandas anggota DPRD Provinsi Lampung itu.

Ia berharap tidak ada lagi pola memecah belah PSSI ini dengan model apapun, dan semua pihak harus melakukan dorongan yang sama dan mendukung Lampung berprestasi di tingkat nasional. “Sudahlah, sekarang mari kita berfikir untuk maju, jangan mundur lagi. Futsal sudah ditangani Nanot Maryono dan sepakbola ditangani Edi Iswantoro. Biarlah mereka bekerja dulu. Targetnya jelas kok, Lolos PON. Itu dulu.” kilahnya.

Hartarto menegaskan bahwa Lampung harus berprestasi skala nasional, karena punya potensi untuk itu. Oleh karenanya ia mengimbau agar semua yang terlibat dalam tim harus solid untuk mewujudkan impian berprestasi nasional. (R-02)

Sumber : detiklampung.com